ESTIMASI KANDUNGAN ENERGI RESERVOIR PADA BLOK SL LAPANGAN PANAS BUMI DNG DENGAN METODE VOLUMETRIK

Categorie(s):
   TP
Author(s):
   RIZKY ANSHARI
Advisor:
M NUR MUKMIN, SELVIA SARUNGU
ISSN/ISBN:

eISSN/eISBN:

Keyword(s):
Estimasi, Metode Volumetrik, Panas Bumi.
DOI:
Abstract :
Panas bumi merupakan energi terbarukan yang saat ini masih menanjak penggunaannya, karena energi ini di klaim ramah terhadap lingkungan. Dalam penemuan energi pnas bumi terdapat manifestasi-manifestasi yang menjadi dasar di lakukannya kegiatan eksplorasi, agar selanjutnya dilakukan perhitungan cadangan. Dalam perhitungan cadangan metode yang digunakan Metode yang sering digunakan yaitu Metode Perbandingan dan Metode Volumerik.
Prinsip dasar metode volumetrik adalah menganggap reservoir panas bumi sebagai suatu bentuk kotak yang volumenya dapat dihitung dengan mengalikan luas sebaran dan ketebalannya. Dalam metoda volumetrik besarnya potensi energi sumber daya atau cadangan diperkirakan berdasarkan kandungan energi panas di dalam reservoir. Kandungan energi panas di dalam reservoir adalah jumlah keseluruhan dari kandungan panas di dalam batuan dan fluida. Perhitungan estimasi ini bertujuan untuk mendapatkan jumlah total energi yang terdapat di sebuah kawasan, dengan menentukan jumlah energi awal jumlah energi akhir, jumlah energi sebenarnya, estimasi investasi perusahaan, dengan recovery factor yang kemungkinan besar akan didapatkan dari total keseluruhan energi yang dapat dimanfaatkan.
Kemudian didapakan jumlah energi yang dapat dimanfaatkan untuk waktu investasi selama 30 tahun dengan asumsi recovery factor 25 %, sebesar 70,06 MWe.