EVALUASI KINERJA SUMUR X DI LAPANGAN Y DENGAN SISTEM ANALISA NODAL

Categorie(s):
   TI
Author(s):
   NURUL ZAKIYAH
Advisor:
ANDRI HALIM, RADEN ANDANG ISKANDAR
ISSN/ISBN:

eISSN/eISBN:

Keyword(s):
Analisa Sistem Nodal, Tubing Performance Relationship, Choke Performance, Inflow Performance Relationship, Critical Rate, Optimum Rate.
DOI:
Abstract :
Setiap sumur produksi pasti akan mengalami penurunan produksi seiring berjalannya waktu yang dapat disebabkan oleh beberapa masalah produksi misalnya, sumur tersebut tidak mempunyai cukup tekanan untuk mengalirkan fluida ke permukaan, fasilitas produksi yang sudah tua, penggunaan fasilitas produksi yang kurang optimal atau perlunya evaluasi terhadap masing-masing komponen pada sumur, oleh karena itu perlu dilakukan suatu evaluasi untuk mengetahui apakah suatu sumur sudah berproduksi dengan optimum atau belum.
Analisa sistem nodal merupakan suatu pendekatan yang bertujuan untuk mengoptimasikan laju produksi namun dapat juga digunakan untuk mengevaluasi komponen-komponen yang ada pada sumur. Dengan memplot kurva inflow performance relationship (IPR) dan tubing performance relationship (TPR) pada titik pertemuan kedua kurva tersebut akan menghasilkan kapasitas aliran (flow capacity) suatu sumur dengan menggunakan ukuran tubing tertentu.
Berdasarkan hasil analisa maka pada zona produksi L-1 laju alir optimum sebesar 166.5 stb/day dapat dicapai dengan mengganti tubing yang berukuran 1.315 OD dan 19/64 Choke. Pada zona produksi L-2 laju alir optimum sebesar 65.28 stb/day dapat dicapai dengan ukuran tubing 1.315 OD dan 8/64 Choke. Pada zona produksi L-3 laju alir optimum sebesar 48.24 stb/day dapat tercapai dengan ukuran tubing 1.9 OD dan 6/64 choke.